Ternyata Telur Katak Sangat Bermanfaat Untuk Kulit


Siapa pun pasti akan merasa jijik saat melihat bentuk dari telur katak. Sekilas bentuknya menyerupai gumpalan lendir yang pada bagian tengahnya terdapat biji kecil berwarna hitam.

Meski tampak menjijikan dan membuat mual saat melihatnya, tapi siapa sangka, telur katak memberikan manfaat baik bagi kulit.

Sebuah studi dari University of Strathclyde menemukan lendir katak mengandung protein yang mampu melindungi telur dari kuman, bakteri, dan gangguan lingkungan lainnya.

Setelah membuat versi sintetis dari lendir katak, para peneliti juga mengungkapkan tentang manfaat lain, membantu penyembuhan luka serius.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Paul Hoskisson mengakui jika lendir katak lebih stabil dan juga dapat menyerap serta melepaskan zat-zat yang obat.

Tes yang dilakukan di laboratorium juga menunjukkan lendir katak dapat menghilangkan vankomisin hingga 48 jam dan mencegah pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus yang membuat luka parah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbiology Society, juga menyebutkan busa pada spesies katak ini tidak beracun bagi manusia.

Tapi mereka masih mencoba untuk membuat versi sintetis atau buatan untuk kepentingan industri obat yang lebih besar.

Berbagai penelitian untuk menemukan sumber antibiotik serta jenis baru dari antibiotik dilakukan oleh para ilmuwan karena saat kekebalan beberapa orang terhadap antibiotik membuat mereka sulit menerima pengobatan.