5 manfaat memasak bagi wanita

Dizaman yang serba cepat dan instan sekarang ini segala hal sepertinya menjadi serba praktis, termasuk soal makanan sekalipun, sekarang banyak sekali ditemui makanan – makanan serba instan, tidak hanya mie instan saja tetapi juga pada bumbu sampai sambal sekalipun. Ditambah lagi dengan berjamurnya rumah makan dan semakin trendnya wanita bekerja maka makanan praktis menjadi pilihan gaya hidup. memasakpun sekarang sudah mulai jarang dilakukan para wanita pada umumnya, mereka mungkin lebih memilih membeli makanan siap saji atau ke restoran daripada berkutat didapur, padahal jika ditelisik lebih dalam banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan memasak, apa saja manfaatnya yuk simak berikut ini:

1. Melatih kedisiplinan dan ketepatan waktu
Kegiatan memasak terutama dipagi hari membuat kita mau tidak mau harus berdisiplin dengan waktu, bangun pagi hari, menyipakan bahan masakan sampai eksekusi harus diperhitungkan agar makanan dapat disajikan tepat waktu, kegiatan memasakpun harus diperhatikan dengan cermat agar ketika merebus atau menggoreng tidak gosong atau terlalu empuk. Berbeda jika kita hanya tinggal memesan makan catering atau delivery. kegiatan menyiapkan makanan bagi keluarga atau diri sendiri dipagi hari dan kecermatan waktu dalam memasak akan melatih kedisiplinan dan ketepatan waktu.

2. Melatih kesabaran
Memasak adalah proses mengolah beberapa bahan makanan mentah atau setengah jadi menjadi makanan yang layak konsumsi, memasak membutuhkan proses yang cukup lama bahkan kadang membutuhkan tenaga dan energi yang banyak misalnya memasak rendang atau membuat kue, kegiatan memasak yang teratur dan tekuni sedikit demi sedikit akan melatih kesabaran kita.

3. Menjadi kreatif dengan memasak
Bosan atau bingung dengan menu masakan yang itu itu saja, mungkin itu yang sering dikeluhkan oleh keluarga atau bahkan diri anda sendiri. Oleh karenanya memasak mau tidak mau menuntut kita menjadi lebih kreatif terutama dalam mengolah masakan, supaya keluarga tidak cepat bosan dan tetap bersedia memakan dengan lahap masakan masakan kita

4. Menambah wawasan
Masih ada hubungannya dengan point ketiga diatas, untuk beberapa ibu-ibu mungkin akan menemui kesulitan dalam membuat kreasi resep masakan. Namun dijaman yang sudah serba canggih saat ini sudah tersedia beragam informasi resep masakan, hal ini dapat membantu para ibu menambah wawasan mereka dengan mencari informasi melalui resep atau buku – buku masakan. Selain itu memasak juga harus memperhatikan kandungan gizi dari masakan, cara mengolah masakanpun akan berpengaruh pada gizi yang terkandung. Oleh karenanya selain mencari informasi mengenai resep para ibu juga sebaiknya menambah informasi mengenai bahan sayuran yang baik dan bagaimana cara mengolahnya supaya masakan yang disajikan bagi keluarga tidak hanya nikmat tapi juga menyehatkan. Kegiatan diatas secara tidak langsung akan menambah wawasan dan kemampuan menggali informasi.

5. Menjadi pengelola keuangan yang baik
Jika suami atau diri anda sendiri hanya memiliki uang 100ribu rupiah untuk modal memasak selama beberapa hari dirumah, maka anda mau tidak mau akan belajar bagaimana mengatur uang tersebut agar cukup dibelikan bahan sayuran dan bumbu – bumbu masakan selama beberapa hari . Hal ini akan menuntut anda belajar mengelola keuangan yang baik. Tantangannya adalah bagaimana anda mengatur uang yang terbatas namun tetap bisa memasak makanan yang lezat, bergizi serta cukup bagi seluruh anggota keluarga.

Nah demikian kurang lebih 5 manfaat yang dapat dipetik para wanita dari kegiatan memasak, semoga dapat menginspirasi anda dan membuat anda lebih bersemangat lagi dalam menyiapkan hidangan bagi keluarga.
Sumber : https://twihayanti.wordpress.com/